Friday, January 20, 2017

Lemon Curd


     Sebelumnya pernah bikin lemon curd, menurut aku udah enak. Resepnya ada di sini. Tapi kali ini nyoba bikin pake resep yang beda. Resepnya aku liat Laura Vitale. Hasilnya beda, lebih padet, kayak frosting yg biasa aku buat lembutnya. Jadi lemon curd yg versi ini bisa buat filling cake di tengah. warnanya juga lebih kuning, cerah. Karena pake kuning telur 3 butir. Atau bisa buat olesan roti atau pastry tanpa takut meleleh kemana-mana. Karena yg sebelumnya aku bikin teksturnya agak cair.

Bahan - bahan :
- 3 buah lemon besar (sekitar 130 ml)
- 2 butir telur
- 3 butir kuning telur
- 200 gr gula
- 113 gr mentega tawar suhu ruang
- parutan kulit lemon (dr 3 buah lemon), hanya yg bagiab kuning
- garam sedikit

Cara membuat :
1. kocok (aku pake mixer) gula dan mentega hingga rata, masukkan telur, kocok hingga tercampur rata.
2. Masukkan air perasan lemon, parutan kulit lemon, dan garam. Aduk rata.
3. Masukkan ke panci, masak sambil di aduk terus hingga kental (adonan yg menempel di spatula tidak menyatu lagi ketika di pisah dengan jari), sekitar 7 menit di kompor aku.
4. Pindahkan di wadah, langsung tutup menggunakan plastick wrap (pastikan plastik menyentuh bagian atas curd agar tidak berkulit).

     Tetanggaku langsung suka banget sama ini. Aku juga hahahaha. Hanya saja aku agak terganggu dg parutan kulit lemonnya, kayaknya kebanyakan. next time maybe 1 lemon aja yg diambil kulitnya.

No comments:

Post a Comment