Saturday, August 13, 2016

English Fruitcake

     English fruitcake adalah cake yg berasal dr negeri ratu Elisabeth, yg berisi penuh dengan buah2an kering dan kacang2an. Biasanya cake ini disuguhkan saat natal atau pesta pernikahan. Biasanya dibuat 1-2 bln sebelumnya, disimpan di dalam kulkas, dan setiap seminggu sekali cake di basahi dengan minuman beralkohol seperti brandy atau rhum. Dengan begitu rasanya akan lebih enak krn ada pematangan dari alkohol.
     Nah, kalo yg aku buat ini versi non alkohol. Tapi rasanya tetep enak banget. Apalagi isian buah dan kacangnya bnyk bgt. Biar buah keringnya lembut, direndam dulu semalaman di suhu ruang menggunakan jus buah kemasan, apel atau anggur. Karena kalau gak di rendem dulu, buah2nya jd tambah kering dan alot, dan menurutku itu ga enak (udah pernah nyoba bikin juga). Gunakan jus buah dalam jumlah banyak, karena nanti buah2an akan mengembang.
     Trus manggangnya juga jangan pake api gede2, ntr gosong. Karena butuh waktu lama buat matengin cakenya. Apalagi kalo cakenya tinggi. Resep kali ini aku lihat di NCC

Bahan - bahan :
Bahan A :
- 100 gr manisan cherry merah, potong2
- 100 gr manisan cherry hijau, potong2
- 100 gr kismis hitam
- 100 gr kismis kuning
- 100 gr cranberry kering
- 50 gr blueberry kering
- 100 gr kacang mete, panggang, cincang
- 50 gr almond, panggang, cincang
- 500 ml jus kemasan

Bahan B :
- 150 gr mentega tawar
- 100 gr gula pasir
- 3 butir telur
- 125 gr terigu
- 1 sdt baking powder
- 2 sdt spekuk
- 1 sdt kayu manis bubuk

- 25 gr terigu (taburan bahan A)
- 50 gr cherry + 20 gr mete (topping)

Cara membuat :
1. Rendam buah2an kering dengan jus semalaman di suhu ruang. Tiriskan, jangan di peras. Campur dengan kacang2an, taburi tepung.
2. Kocok mentega dan gula dengan kecepata tinggi hingga pucat dan mengembang, masukkan telur satu persatu sambil tetap dimixer.
3. Masukkan sisa bahan B sambil diayak, aduk rata dengan spatula. Tambahkan bahan A, aduk rata.
4. Tuang ke dalam loyang (aku lupa ini ukuran brp), panggang dengan suhu 180 C selama 20 menit. Turunkan suhu menjadi 150 C dan lanjutkan memanggang selama 40 menit.




2 comments:

  1. Thanks for supporting your time to post such an interesting & useful content.Thank you so much, I appreciate your work.
    Nifty Option Tips

    ReplyDelete