Saturday, December 20, 2014

Cream Puff

     Sukaaaaaakk banget sama cream puff nya beard's papa. Pokoknya tiap ke jkt beli, temen yg ke sana juga dititipin, hehehe. Pengen sih buat, tapi koq kayaknya susah. Patah semangat duluan adek kaaaakkk, hiks. Tapi, demi demi lah ya, sp tau sukses akhirnya brosing2 deh. Dan akhirnya memantapkan diri untuk mencoba membuat si cream puff ini. Dan ternyata enaaaakkk kakakaaaakkk, hihihi. Malah langsung dapet pesenan dr tetangga.
     Untuk pastrynya aku liat punya Mbak Ricky. Tapi untuk Pastry Creamnya aku liat di sini. Creamnya enak, cuma takaran gula aku kurangi krn kemanisan menurutku. Pastrynya aja udah enak lho, baby zuu suka, minta terus. Aku tambahanin saus stroberi homemade, jd lebih enak. Untuk tips memanggang aku liat dr komen2 di blognya mbak fiona.

Bahan - bahan :
- 200 ml air
- 100 gr mentega (aku pake 50 gr unsalted, 50 gr salted)
- 1 sdm gula pasir
- 1/4 sdt garam
- 125 gr tepung terigu serba guna (ayak)
- 4 butir telur (200 gr) (kocok lepas)

Pastry Cream :
- 400 gr susu cair
- 80 gr gula pasir
- 1/2 vanilla bean
- 1/4 sdt garam
- 2 sdm tepung terigu serba guna
- 2 sdm tepung maizena
- 4 butir kuning telur
- 100 ml whipped cream (kocok kaku)

Cara membuat :

1. Masak air, mentega, gula dan garam dalam panci hingga mendidih dan mentega leleh. Matikan api, masukkan tepung terigu. Aduk rata. Nyalakan kembali api, aduk-aduk adonan hingga kalis (tidak menempel di panci). Matikan api, biarkan adonan hangat.
2. Masukkan telur sedikit demi sedikit secara bertahap, aduk rata dengan sendok kayu ato mixer.
3. Masukkan adonan ke dalam pipping bag dengan spuit wilton 1M di ujungnya. Semprotkan di loyang  yg telah dialasi kertas roti.
4. Panggang dengan api atas bawah di suhu 220 C selama 10 menit. Lanjutkan memanggang dengan api bawah dengan suhu 200 C selama 25 menit.
5. Pastry cream : panaskan susu, vanila bean dan garam dengan api sedang hingga hangat. Sementara itu kocok telur dan gula hingga kental dan pucat, masukkan tepung terigu dan maizena, aduk rata. Tuang susu sedikit demi sedikit ke dalam kocokan telur sambil terus diaduk. Tuang kembali ke dalam panci, masak dengan api kecil hingga kental dan meletup-letup. Matikan api. dinginkan.
6. Masukkan kocokan whip cream ke dalam custard, aduk rata.
7. Belah pastry secara mendatar, semprotkan cream ke dalamnya.







No comments:

Post a Comment