Friday, November 22, 2013

Brownies Kukus Ny. Liem

     Beberapa hari yg lalu, penasaran pengen coba bikin brownies kukus coklat. Kebetulan ada temen yg mau main ke rumah. Jadi kita bikin bareng. Gampang sih menurut aku. Resepnya aku nyontek dari blognya mbak Hesti. Cuma aku ga pake emulsifer sama BP nya. Soalnya aku lagi ngindarin pake2 bahan yg begituan.

Bahan I :
- 6  butir telur
- 225 gr gula pasir (aku pake 200gr)
- 1/2 sdt vanila bubuk
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt emulsifer (aku ga pake)

Bahan II :
- 125 gr terigu protein sedang
- 50 gr coklat bubuk
- 1/2 sdt baking powder (aku ga pake)

Bahan III :
- 175 ml minyak goreng
- 100 gr dark cooking coklat, lelehkan, campur dengan minyak

Bahan IV :
- 75 ml susu kental manis

Cara membuat :
1. Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan kental.
2. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Tuang bahan III, aduk perlahan dengan spatula hingg atercampur rata. Ambil 100 gr adonan, campur dengan bahan IV, sisihkan.
3. Tuang 1/2 bagian sisa adonan tadi ke dalam loyang persegi ukuran 20x20x7 cm yang telah di olesi dengan sedikit minyak goreng dan dialasi kertas roti. Kukus selama 10 menit dalam dandang yang sudah terlebih dulu dipanaskan dengan api sedang.
4. Tuang adonan yg telah dicampur dengan bahan IV, kukus 5 menit dan terkahir masukkan sisa adonan. Kukus kembali selama 30 menit hingga matang.
5. Angkat dan dinginkan.


     Rasanya enak, temen juga bilang gitu. Cuma aku tetep lebih suka brownies yang ketan item sih.

No comments:

Post a Comment